TREN PENELITIAN DAN STRATEGI PENINGKATAN MINAT KEWIRAUSAHAAN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN: ANALISIS SISTEMATIS LITERATUR 2019–2024
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.94Keywords:
Ekosistem Kewirausahaan, Pendidikan Entrepreneurship, Literatur Sistematis, Pembelajaran Inovatif, PengangguranAbstract
Pendampingan Permasalahan pengangguran di Indonesia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dengan angka pengangguran terbuka mencapai 5,32% pada 2024 (BPS, 2024). Kewirausahaan dianggap sebagai solusi strategis untuk menciptakan lapangan kerja mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian minat kewirausahaan dalam konteks pendidikan dan masyarakat, dengan fokus pada faktor determinan, strategi pembelajaran, serta metodologi yang dominan digunakan. Metode systematic literature review (SLR) diterapkan terhadap 50 artikel terindeks Sinta 1–4 dan Scopus periode 2019–2024. Hasil analisis menunjukkan: (1) Peningkatan signifikan penelitian tentang minat kewirausahaan di lingkungan pendidikan, terutama pasca-pandemi COVID-19 (80% kenaikan pada 2023); (2) Variabel paling berpengaruh adalah model pembelajaran berbasis proyek (35%) dan pendidikan kewirausahaan (28%); (3) Mayoritas penelitian berfokus pada mahasiswa (68%) dibandingkan siswa sekolah menengah (24%); (4) Dominasi metode kuantitatif (62%) mencerminkan pendekatan positivis, meskipun mulai muncul integrasi metode kualitatif dan mixed-methods. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup eksplorasi pendekatan interdisipliner serta pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi digital seperti artificial intelligence dalam konteks kewirausahaan. Masalah pengangguran telah menjadi fenomena yang meresahkan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat berwirausaha di kalangan siswa dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tren penelitian minat wirausaha di lingkungan pendidikan dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu systematic literature review (SLR). Data dikumpulkan melalui beberapa artikel dari jurnal terindeks Sinta 1 sampai 4 dan Scopus. Berdasarkan kriteria artikel pada penelitian ini diperoleh 50 artikel yang relevan dengan kriteria penelitian untuk selanjutnya dapat ditinjau secara sistematis. Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) terdapat tren peningkatan penelitian tentang minat wirausaha di lingkungan pendidikan dari tahun 2019 hingga 2024. 2) Variabel yang paling banyak ditemukan dari artikel yang terkumpul adalah model pembelajaran dan pendidikan kewirausahaan. 3) Penelitian tentang minat wirausaha di lingkungan pendidikan telah menunjukkan banyak variabel yang dapat mempengaruhinya. fokus utama pada dua kelompok subjek yakni mahasiswa dan siswa. 4) Tren penggunaan metode penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian minat wirausaha di lingkungan pendidikan masih didominasi oleh pendekatan positivistic. Saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti minat wirausaha di lingkungan pendidikan dengan menggunakan berbagai metode penelitian yang dapat menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang minat wirausaha
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian UMKM

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Seluruh artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Pengabdian UMKM (JPU) dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
Lisensi ini memberikan hak kepada siapa pun untuk:
- Berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam bentuk atau format apa pun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membangun dari materi untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial;
Dengan ketentuan berikut:
- Atribusi (Attribution) — Pengguna wajib memberikan pengakuan yang layak kepada penulis, mencantumkan tautan menuju lisensi, dan menyatakan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Berbagi Serupa (ShareAlike) — Jika pengguna menggubah, mengubah, atau membangun dari materi, maka mereka wajib mendistribusikan karya turunan tersebut dengan lisensi yang sama seperti karya asli.
Penulis tetap memegang hak cipta atas karya yang dipublikasikan dan memberikan Jurnal Pengabdian UMKM hak publikasi pertama. Penulis juga diperbolehkan mendistribusikan versi terbit dari artikelnya secara bebas dengan tetap mencantumkan sumber asli publikasi.
Informasi lebih lanjut mengenai lisensi ini dapat diakses melalui tautan:
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/